MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A-1 RA AL-AMIN, DESA KECUBUNG, KECAMATAN PACE, KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RUMIANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0549

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 ternyata masih kurang. Sehingga kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 menjadi rendah atau kurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat anak didik dalam mengenal konsep bilangan 1-10, media pembelajaran dalam konsep pembelajaran yang kurang bervariasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan pengenalan konsep bilangan 1-10 anak kelompok A RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh data tentang kemampuan menegnal konsep bilangan 1-10, menerapkan penggunaan media gambar dalam pembelajaran pengenalan konsep bilangan 1-10, mengumpulkan data tentang kemampuan megenal konsep bilangan 1-10, mengetahui ada tidaknya perbedaan mengenal konsep bilangan 1-10 antara waktu sebelum dan sesudah tindakan pada kelompok A di RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian kelompok A RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi anak dan guru, RKM, RKH, dan hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Hal ini terbukti dari hasil analisis data pada siklus I sebesar 55,7%, meningkat pada siklus II menjadi 63,75%, dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada siklus III sebesar 91,25%. Sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian diterima. Kata kunci : kognitif, mengenal konsep bilangan 1-10, media gambar, anak RA

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI