MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MEDIA FINGER PAINTINGPADA ANAK DIDIK KELOMPOK B TK PKK PARANG IV KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
PUJIANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0548
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa motorik halus anak Kelompok B TK PKK Parang IV Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri masih lemah, artinya masih perlu bimbingan dari guru. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah tersebut serta menarik perhatian anak, peneliti melaksanakan kegiatan meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak melalui media Finger Painting. Sehingga dapat dirumuskan masalah yang diteliti yaitu : Apakah melalui Media Finger Painting dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus pada anak Kelompok B TK PKK Parang IV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, dengan sampel siswa Kelompok B TK PKK Parang IV yang terdiri dari 20 anak. Dilakukan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun Media pengumpulan data meliputi observasi dan unjuk kerja.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media finger painting dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak Kelompok B TK PKK Parang IV. Disarankan bagi guru TK hendaknya didalam KBM menggunakan kegiatan Finger Painting untuk menarik dan melatih fisik motorik halus anak didik dengan diselingi kegiatan di luar kelas.
Kata Kunci: fisik motorik halus, media finger painting