MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENALKONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTUANGKA PADA ANAK KELOMPOK B R.A MIFTAHUL HIDAYAH DESA BATEMBAT KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014 – 2015


Author (Penulis)

NUR SICHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0547

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pengembangan kemampuan mengenal konsep bilangan masih didominasi pada pembelajaran klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari anak didik yang rendah yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan Kelompok B di R.A Miftahul Hidayah Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subyek penelitian anak didik R.A Miftahul Hidayah sejumlah 16 anak. Penelitian dilaksanakan dalam Tiga Siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar penilaian siswa, lembar observasi siswa, lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : kesimpulan pada Siklus I (1) Kelompok Belum Mampu 25 %, (2) Kelompok Cukup Mampu 50 %, (3) Kelompok Mampu 16,67 %, Kelompok Sangat Mampu 8,33 %. Kesimpulan pada Siklus II (1) Kelompok Belum Mampu 12,5 %, (2) Kelompok Cukup Mampu 25 %, (3) Kelompok Mampu 37,5 %, Kelompok Sangat Mampu 25 %. Sedangkan pada Siklus III sudah ada peningkatan yaitu (1) Kelompok Belum Mampu 0 %, (2) Kelompok Cukup Mampu 12,5 %, (3) Kelompok Mampu 25 %, Kelompok Sangat Mampu 62,5 %. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka : (1) Upaya mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan apa yang sudah peniliti lakukan bisa dijadikan pilihan untuk pemecahan masalah . Oleh karena itu hendaknya pengelola lembaga pendidikan dapat memfasilitasi pembelajaran yang lengkap untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran yang optimal terutama yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pembelajaran anak usia dini, sehingga anak merasa nyaman,aman dan menyenangkan berada dan belajar di lingkungan sekolah (2)Diharapkan untuk peniliti lain dapat mengembangkan penelitian ini lebih lanjut dengan pengembangan metode dan media agar hasil yang diperoleh dapat lebih meningkat lagi. Kata kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media Kartu Angka

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI