MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK HURUF PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-AMIN DESA KECUBUNG KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2014-2015
Author (Penulis)
MUNIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0545
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dengan penggunaan media kotak huruf akan lebih cepat dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B RA Al-Amin Kecubung. Permasalahan penelitian ini adalah apakah penerapan media kotak huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B RA Al-Amin Desa Kecubung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus mengunakan instrumen berupa lembar penilaian observasi anak, lembar observasi guru dalam kegiatan pembelajaran, penilaian indikator kemampuan anak dalam kegiatan pembelajaran, lembar skoring berupa tanda bintang.
Kesimpulan hasil penelitian bahwa melalui penerapan media kotak huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak kelompok B RA Al-Amin Desa Kecubung Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Berdasarkan simpulan hasil penelitian dapat direkomendasikan melalui berbagai saran sebagai berikut: (1) Bagi Guru: Upaya pengembangan kemampuan membaca anak dengan media kotak huruf bisa dijadikan pilihan untuk meningkatkan kemampuan membaca. (2) Bagi Kepala Sekolah: Dapat memfasilitasi pembelajaran dengan menyediakan media kotak huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca.