MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA DESA BAKALAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
MUJIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0544
Abstract
Penelitianinidilatarbelakangihasilpengamatandanpengalamanpenelitibahwakegiatanbermainperandianggapmampumengembangkankemampuanberbicaraanak.KarenakemampuanberbicaraanakkelompokA di TK Dharma WanitaBakalanKecamatanGrogolKabupaten Kediri inimasihrendah, yang artinyamasihperluadanyabimbingandari guru. Dan untukmengatasimasalahtersebutdiatas, penelitimelaksanakankegiatanmeningkatkankemampuanberbicaraanakmelaluikegiatanbermainperan.Yang manakegiataninidimaksudkanuntukmenarikperhatiananakdalamkegiatantersebut.
Berdasarkanlatarbelakangmasalahtersebutdirumuskanpermasalahan yang ditelitiyaitu :Apakahpenerapankegiatanbermainperandapatmeningkatkankemampuanberbicaraanakkelompok A TK Dharma WanitaBakalanDesaBakalan?
PenelitianinimenggunakanpendekatanPenelitianTindakanKelas (PTK) kolaboratif, dengansampelsiswakelompok A TK Dharma WanitaBakalanDesa Bakalan yang terdiridari 20 anak.Penelitiandilakukandalamtigasiklus, yang masing-masingsiklusterdiridariempattahapanyaituperencanaan,pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. Adapaunmetodepengumpulan data meliputiobservasidanhasilkarya.
Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwameningkatkanbidangpengembanganmotorikhalusdenganmenggunakankegiatanmembatikdiatastisudapatmeningkatkankemampuanmotorikhalusanakkelompok A TK Dharma WanitaBakalan. Disarankanbagi guru TK hendaknyadidalam KBM menggunakankegiatanbermainperanuntukmenarikperhatiansiswaataumelaluikegiatan lain.
Kata Kunci :Berbicara, BermainPeran