MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI KEGIATAN BERMAIN MOVING FAMILY PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA NGABLAK KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2014 – 2015
Author (Penulis)
MARIYA ULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0542
Abstract
Penggunaan pembelajaran melalui kegiatan bermain moving yang menggunakan media kartu huruf / kata diharapkan dapat meningkatkan aktivitas anak didik dalam proses belajar mengajar agar aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, anak merasa senang sertta semakin termotifasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diharapkan konsep yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh anak didik.
Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan dari 19 anak didik ada 6 anak didik tuntas belajar sehingga hanya memperoleh nilai yaitu sebesar 32%, siklus II terjadi peningkatan sedikit dari 19 anak didik sudah tuntas 14 anak, diperoleh nilai ketuntasan belajar anak mencapai 74% oleh karena itu perlu diulang pada siklus III. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa ketuntasan menjadi 16 anak dari 19 anak, diperoleh ketuntasan belajar mencapai 84%. Maka secara keseluruhan hasil ini sesuai dengan kategori ketuntasan belajar, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil.
Berdasarkan rumusan masalah, rumusan hipotesis, dan hasil penelitian dari siklus I sampai siklus III dapat disimpulkan sebagai berikut : Penerapan permainan Moving Family melalui media berupa kartu huruf atau kata dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi anak didik. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat dinyatakan bahwa guru dalam meningkatkan kemampuan membaca melalui permainan Moving Family sebagai media pembelajaran bahwa hipotesis diterima.
Disarankan bagi guru Taman Kanak-kanak hendaknya sebagai motivator kegiatan belajar mengajar dapat menerapkan pembelajaran yang kreatif, menarik dan inovatif agar tercapai hasil yang optimal.
Kata kunci : Kemampuan membaca, Kegiatan Bermain Moving Family