MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA MULIA II KALIRONG DESA KALIRONG KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

LAILI FITRIA AFIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0541

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemampuan berbicara dengan menggunakan buku cerita bergambar pada anak kelompok B TK Kusuma Mulia II Kalirong Tarokan Kediri. Berdasarkan observasi diketahui bahwa ada permasalahan dalam pembelajaran yang terjadi, secara umum permasalahan tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut, model pembelajaran yang monoton, metode pembelajaran yang kurang menarik, terbatasnya tempat dan sarana pembelajaran yang tersedia, sehingga pelaksanaan kegiatan belajar kurang optimal dan terasa membosankan bagi anak. Hal tersebut juga berdampak pada kemampuan berbahasa anak yang masih rendah, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak melalui penggunaan buku cerita bergambar. Dari hasil penelitian ini didapatkan data sebelum dilakukan penelitian, pada saat dilakukan penelitian, setelah dilakukan penelitian, dan membandingkan hasil data penelitian. Penelitian ini dilakukan menggunakan 3 siklus, pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kusuma Mulia II Kalirong sebanyak 16 anak. Berdasarkan hasil pengamatan ketuntasan pada siklus pertama kemampuan berbicara anak menggunakan buku cerita bergambar yaitu 62,5% anak belum tuntas dan 37,5% yang dapat memenuhi kriteria ketuntasan. Kemudian hasil pengamatan siklus kedua yaitu 43,75% anak belum tuntas dan 56,25% yang dapat memenuhi kriteria ketuntasan. Kemudian hasil pengamatan pada siklus ketiga yaitu 18,75% anak belum tuntas dan 81,25% yang dapat memenuhi kriteria ketuntasan. Dari data tersebut di atas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari setiap siklus pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Kusuma Mulia II Kalirong Desa Kalirong Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Berdasarkan latar belakang masalah dan kesimpulan selanjutnya disampaikan saran untuk guru TK jika anak didik masih mengalami kendala dalam kemampuan berbicara maka disarankan untuk menggunakan media buku cerita bergambar, karena media ini sangat tepat untuk meningkatkan kemmpuan berbicara anak. Sedangkan untuk kepala sekolah TK Kusuma Mulia II Kalirong hendaknya Ibu berkenan untuk menyediakan buku cerita bergambar di disekolah ini. Kata kunci : Kemampuan berbicara, buku cerita bergambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI