MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1-10 MELALUI PERMAINAN MENGHITUNG IKAN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD TUNAS BANGSA DESA CERME KECAMATAN GROGOL KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

CHUSNUL FITRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0539

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa kelompok A PAUD Tunas Bangsa kemampuan membilangnya masih rendah artinya masih perlu adanya bimbingan atau arahan dari guru. Oleh karena itu muncul gagasan bagaimana upaya mengembangkan kemampuan membilang pada anak kelompok A PAUD Tunas Bangsa Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Untuk mengatasi masalah tersebut di atas, peneliti melaksanakan kegiatan melalui permainan menghitung ikan yaitu permainan menghitung dengan menggunakan media ikan. Hal ini dimaksudkan agar menarik perhatian siswa dalam kegiatan tersebut. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Tunas Bangsa Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri yang berjumlah 21 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, sedangkan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun pengumpulan data meliputi observasi dan unjuk kerja. Hasil perolehan ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebesar 14.3%. Kemudian pada siklus I sebesar 42,8%. Berikutnya pada siklus II naik dari 42,8% menjadi 76,2%, dan terakhir pada siklus III dari 76,2% naik menjadi 80,9%.Hal ini berarti bahwa nilai ketuntasan dalam upaya pengembangan kemampuan membilang 1-10 melalui kegiatan permainan menghitung ikan pada kelompok A PAUD Tunas Bangsa dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan dengan pencapaian prosentase ketuntasan belajar sebesar 80,9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kegiatan permainan menghitung ikan pada anak kelompok A PAUD Tunas Bangsa Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri dapat mengembangkan kemampuan membilang 1-10. Disarankan bagi guru PAUD yang menghadapi masalah yang sama yaitu belum berkembangnya kemampuan membilang 1-10 hendaknya memecahkan masalah tersebut dengan cara yang sama yaitu melaui permainan menghitung ikan, sehingga anak lebih tertarik untuk belajar. Kata kunci : kemampuan membilang 1-10, permainan menghitung ikan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI