MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POHON HURUF PADA ANAK KELOMPOK A RA DIPONOGORO MANGUNSARI DESA BATEMBAT KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK
Author (Penulis)
BINTI MASPUAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0537
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa belum berkembangnya kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA. Diponegoro Mangunsari Desa Batembat Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk disebabkan beberapa faktor diantaranya faktor efektifitas dan efensiensi waktu dan faktor kurang optimalnya penggunaan media dan sumber belajar lain selain buku penunjang bagi perkembangan bahasa anak dimana buku penunjang dianggap lebih praktis dalam pelaksanaan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui penggunaan media pohon huruf dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak, dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti berharap tentang tujuan perbaikan pembelajaran yang menyangkut berbagai aspek sehingga tujuan perbaikan ini akan benar-benar mengarah pada rumusan yang ada.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa Kelompok A RA Diponegoro Mangunsari Desa Batembat Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar penilaian penugasan, lembar observasi proses pembelajaran guru dan anak.
Hasil penelitian ini menjelaskan perkembangan mengenal huruf anak meningkat hal ini dinyatakan dalam setiap melakukan tindakan mengalami kenaikan ketuntasan belajar, terlihat dari hasil siklus I 29,41%, siklus II 58,82%, siklus III 88,23%.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini tindakan pembelajaran melalui kegiatan dengan menggunakan media pohon huruf ini dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A RA. Diponegoro Mangunsari Desa Batembat Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.
Kata kunci: Kemampuan, mengenal huruf, media pohon huruf.