MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGENALAN SAINS MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B RA DARUL MUTTAQIN PLOSOHARJO KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

AINI SURYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0535

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dengan menggunakan metode eksperimen akan lebih cepat dan efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan sains pada anak kelompok B RA Darul Muttaqin. Permasalahan penelitian ini adalah apakah tindakan pembelajaranmenggunakan metodeeksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan sains pada anak kelompok B RA Darul Muttaqin Plosoharjo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian Anak kelompok B RA Darul Muttaqin Plosoharjo.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus menggunakan instrumen berupa lembar penilaian observasi anak, lembar observasi guru dalam kegiatan pembelajaran, penilaian indikator kemampuan anak dalam kegiatan pembelajaran, lembar skoring berupa tanda bintang. Kesimpulan hasil penelitian bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan sains pada anak kelompok B RA Darul Muttaqin Plosoharjo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal Guru harus lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran.Diharapkan anak akan terbiasa kreatif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode eksperimen. Kata kunci : kemampuan kognitif dalam pengenalan sains menggunakan metode eksperimen

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI