MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGENALAN SAINS MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B RA DARUL MUTTAQIN PLOSOHARJO KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
AINI SURYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0535
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dengan
menggunakan metode eksperimen akan lebih cepat dan efektif untuk meningkatkan kemampuan
kognitif dalam pengenalan sains pada anak kelompok B RA Darul Muttaqin.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah tindakan pembelajaranmenggunakan
metodeeksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan sains pada anak
kelompok B RA Darul Muttaqin Plosoharjo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek
penelitian Anak kelompok B RA Darul Muttaqin Plosoharjo.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga
siklus menggunakan instrumen berupa lembar penilaian observasi anak, lembar observasi guru
dalam kegiatan pembelajaran, penilaian indikator kemampuan anak dalam kegiatan pembelajaran,
lembar skoring berupa tanda bintang.
Kesimpulan hasil penelitian bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan
kemampuan kognitif dalam pengenalan sains pada anak kelompok B RA Darul Muttaqin
Plosoharjo Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk.Untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal
Guru harus lebih kreatif dalam memilih metode pembelajaran.Diharapkan anak akan terbiasa
kreatif dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode eksperimen.
Kata kunci : kemampuan kognitif dalam pengenalan sains menggunakan metode eksperimen