MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF BERHITUNG 1-20 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AL AZHAAR KEC. TULUNGAGUNG JLN. LETJEND SUPRAPTO II/03 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YUNITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0506

Abstract

ABSTRAK YUNITA, Meningkatan Kemampuan Kognitif Berhitung 1-20 Dengan Menggunakan Media Permainan Congklak Pada Anak Kelompok B TK Islam Al Azhaar Kecamatan Tulungagung. Jln. Letjend Suprapto II/03 Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP KEDIRI 2014/2015. Kata kunci : berhitung 1-20, media permainan congklak anak TK. Mengenal berhitung merupakan pemahaman dasar bagi anak sebelum anak mengenal pembelajaran angka yang lebih rumit. Bagian anak usia 4-5 tahun yang tidak melewati masa pra TK ( Play group/PAUD), belum memiliki kesiapan mental dan pemahaman dasar seperti : membilang 1-20 secara sederhana, mengurutkan 1-20 secara sederhana dan sebagainya. Untuk mengembangkan kemampuan kognitif tersebut diperlukan suatu upaya yang konkret untuk dapat menemukan cara tepat berkenaan dengan pembelajaran bidang pengembangan kognitif anak, khususnya yang berkaitan dengan pengenalan berhitung. Permasalah penelitian ini yaitu : “Apakah Permainan Congklak sebagai upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak berhitung 1 – 20 pada Kelompok B Tk Islam Al-Azhaar Kec. Tulungagung, Jln. Letjend Suprapto II/03 Tulungagung dapat meningkatkan kwalitas pembelajaran?” Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan : (1) Memperoleh data tentang kemampuan kognitif anak berhitung 1-20 sebelum dilakukan tindakan.(2) Mengumpulkan data tentang kemampuan kognitif berhitung 1-20 sesudah dilakukan tindakan. (4) Mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif berhitung 1-20 pada anak antara waktu sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Objek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Al Azhaar Kec. Tulungagung Jln. Letjend Suprapto II/03 Tulungagung yang berjumlah 14 anak. Kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Kergiatan Harian dan media congklak. Sedangkan instrumen penilaiannya adalah lembar unjuk kerja hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja. Dalam penelitian ini kemampuan anak dalam berhitung 1-20 mengalami peningkatan yang signifikan melalui permainan congklak. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang diperoleh dari observasi pada anak kelompok B TK Islam Al Azhaar Kec. Tulungagung Jln. Letjend Suprapto II/03 Tulungagung maka dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Kemampuan guru dalam mengolah pembelajaran secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. (2) Melalui kegiatan permainan congklak dapat dibuktikan kebenarannya untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI