MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK BERMAIN DI PAUD MAWAR DESA TANGGUNGGUNUNG KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

YUNINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0505

Abstract

ABSTRAK YUNINGSIH : Meningkatkan Kemampuan Permulaan Membaca Anak Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Pada Kelompok Bermain Di PAUD Mawar Desa Tanggunggunung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : media kartu huruf, kemampuan permulaan membaca anak. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran bahasa di PAUD sangat penting khususnya kemampuan permulaan membaca anak, tetapi cara penyampaian pembelajaran guru masih biasa saja sehingga suasana kelas monoton dan kurang menarik perhatian peserta didik. Hal tersebut nampak dari semangat belajar peserta didik yang rendah pada akhirnya niai peserta didik rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah tindakan guru berupa penerapan media kartu huruf sebagai upaya meningkatkan kemampuan permulaan membaca anak kelompok bermain di PAUD Mawar Desa Tanggunggunung dapat meningkatkan kualitas pembelajaran?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak PAUD mawar Desa Tanggunggunung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKH, lembar observasi siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan nilai peserta didik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak pada anak PAUD mawar Desa Tanggunggunung Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat terlihat dari kenaikan ketuntasan belajar dari siklus satu sampai siklus tiga. hasil prosentase perkembangan anak pada kemampuan membaca permulaan anak menggunakan media kartu huruf pada siklus I = 55%, siklus II = 70%, siklus III = 86%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, di sarankan : (1) Disarankan bagi guru PAUD hendaknya didalam kegiatan belajar menggunakan media yang tepat sesuai dengan kegunaannya. (2) Lembaga pendidikan hendaknya melengkapi sarana dan prasarana serta alat peraga pembelajaran sehingga anak akan lebih tertarik dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. (3) Bagi para orangtua, sebaiknya di rumah juga menyediakan berbagai fasilitas dan media belajar yang menunjang kemampuan-kemampuan anak. (4) Saran pada penelitian lebih lanjut kegiatan dapat di manfaatkan dalam bidang pembelajaran pengembangan dan peningkatan bahasa, pembiasaan, sikap dan perilaku anak serta emosional anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI