MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PERMULAAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERMAIN STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI PAUD PELANGI DESA KRESIKAN KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

YENI NURHAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0504

Abstract

ABSTRAK YENI NURHAYATI, Mengembangkan Kemampuan Permulaan Berhitung Dengan Menggunakan Media Bermain Stick Angka Pada Anak Kelompok Bermain Di PAUD Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan permulaan berhitung menggunakan media bermain stick angka. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok bermain PAUD Pelangi mengalami kesulitan dalam hal berhitung ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih dominan oleh aktivitas yang klasikal dan didominasi oleh peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar yang rendah. Permasalahan peneliti ini adalah “Apakah tindakan pembelajaran berhitung dengan menggunakan media bermain stick angka efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok bermain di PAUD Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok bermain PAUD Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Sedangkan aspek-aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah aspek berhitung. Dan menggunakan instrumen berupalembar unjuk kerja.Kerangka pembelajaran yang digunakan adalah Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian dan media stick angka. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, pada kegiatan pembelajaran berhitung menggunakan media bermain stick angka dapat disimpulkan bahwa secara umum anak dapat menunjukkan minat dan pemahaman terhadap materi pembelajaran dan anak dapat berkomunikasi dengan guru tentang hal-hal yang belum dimengerti. Hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian ketuntasan pada siklus I yaitu 20% yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 46,7% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 80% yang dikategorikan baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan media bermain stick angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan permulaan berhitung pada anak kelompok bermain di PAUD Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Ini menunjukkan hipotesis tindakan diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI