MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PERMULAAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN LEGO PADA ANAK DIDIK KELOMPOK BERMAIN DI PAUD PERMATA BUNDA NGEPOH TANGGUNGGUNUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

YAYUK WIDIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0503

Abstract

ABSTRAK YAYUK WIDIYANTI : Mengembangkan Kemampuan Permulaan Membaca Dengan Menggunakan Media Lego Pada Anak Didik Kelompok Bermain Di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : mengembangkan kemampuan permulaan membaca,media lego Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan permulaan membaca kelompok bermain di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh KecamatanTanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 masih rendah. Akibatnya suasana kelas yang membosankan, salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan permulaan membaca untuk peserta didik adalah dengan menggunakan media lego. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media lego,kemampuan permulaan membaca anak di kelompok bermain PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat meningkat? Tujuan umum penelitian ini adalah (1) Mengumpulkan data tentang kemampuan permulaan membaca pada anak didik kelompok bermain di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 sebelum dilakukan tindakan. (2) Melakukan tindakan, yakni penerapan media lego dalam proses pembelajaan sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan permulaan membaca anak didik kelompok bermain di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan permulaan membaca anak kelompok bermain di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah dilakukan tindakan. (4) Membandingkan data tentang kemampuan permulaan membaca sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok bermain di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar penilaian observasi kemampuan permulaan membaca anak didik dan lembar observasi guru.Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh dari lembar observasi pada anak didik kelompok bermain di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggungunung Kabupaten Tulungagung maka dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) Pada siklus I berhasil mencapai 47,5%.(2) Pada siklus II berhasil mencapai 61,3%. (3) Pada siklus III berhasil mencapai 82,5%. Jadi tindakan penelitian untuk mengembangkan kemampuan permulaan membaca anak didik menunjukkan hasil yang baik. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Penerapan media lego dapat mengembangkan kemampuan permulaan membaca anak kelompok bermain di PAUD Permata Bunda Desa Ngepoh Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI