MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-5 MELALUI MEDIA KUBUS DI PAUD PUTRA BANGSA DESA WAJAK LOR KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUNARSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0499

Abstract

ABSTRAK SUNARSIH, MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-5 MELALUI MEDIA KUBUS PADA PAUD PUTRA BANGSA DESA WAJAK LOR KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Kata Kunci : Kubus, Mengenal Angka 1-5 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa di PAUD PUTRA BANGSA mengalami kesulitan dalam hal mengenal angka 1-5, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih didominasi oleh aktivitas yang klasikal dan didominasi oleh peran guru,akibatnya suasana kelas yang monoton, pasif dan membosankan. Permasalahan penelitian ini adalah apakah tindakan pembelajaran dengan menggunakan permaianan kubus mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-5 di PAUD PUTRA BANGSA Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa PAUD PUTRA BANGSA Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, buku alat penilaian, buku pedoman pengembangan penilaian. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa melalui siklus tindakan pembelajaran ditemukan bahwa dengan media kubus dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-5 di PAUD PUTRA BANGSA Desa Wajak Lor Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media kubus angka adalah mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-5, oleh sebab itu guru sebagai mediator harus mengutamakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, edukatif dan menyenangkan. (2) Sebagai motivasi para guru PAUD PUTRA BANGSA untuk meningkatkan kreatifitas dalam pengadaan media permainan, sehingga siswa akan lebih mudah menerima bahan pengajaran yang akan disampaikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI