MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGAR MELALUI PERMAINAN BISIK BERANTAI SISWA KELOMPOK B TK DHARMA WANITA TULUNGREJO I KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SITI USWATUN KASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0495

Abstract

ABSTRAK Siti Uswatun Chasanah. “Meningkatkan Kemampuan Mendengar Melalui Permainan Bisik Berantai Siswa Kelompok B TK Dharma Wanita Tulungrejo I Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Mendengar, Menyebutkan Kata, Bisik Berantai Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan mendengar dalam permainan bisik berantai masih kurang, hal ini terlihat dalam menyebutkan 3-4 urutan kata, anak didik hanya mampu menyebutkan 1-2 urutan kata saja. Salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan mendengar anak didik adalah dengan menggunakan metode permainan bisik berantai. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Apakah Penerapan Permainan Bisik Berantai Dapat Meningkatkan Kemampuan Mendengar Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tulungrejo I Kec. Karangrejo, Kab. Tulungagung Tahun Pelajaran 2014 / 2015 ?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Memperoleh data tentang kemampuan mendengar melalui permainan bisik berantai sebelum dilakukan tindakan, (2) Melaksanakan tindakan melalui permainan bisik berantai sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mendengar anak didik, (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan mendengar melalui permainan bisik berantai sesudah dilakukan tindakan, (4) Membandingkan data tentang kemampuan mendengar anak melalui permainan bisik berantai sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan diketahui bahwa kemampuan mendengar anak kelompok B TK Dharma Wanita Tulungrejo I Kec. Karangrejo, Kab. Tulungagung dari siklus I sampai siklus III selalu mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis “Penerapan Permainan Bisik Berantai Dalam Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Mendengar Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Tulungrejo I Kec. Karangrejo Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2014 / 2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI