MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN GELEMBUNG WARNA PADA ANAK PAUD "TUNAS HARAPAN BANGSA"TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ROSITA KARTIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0494

Abstract

ABSTRAK ROSITA KARTIKASARI :Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Permainan Gelembung Warna Pada Anak Kelompok B PAUD Tunas Harapan Bangsa Bago Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Pg Paud, Fkip Unp Kediri, 2015. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Warna dan Gelembung Warna. Penelitian ini ditalar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pada anak kelompok B mengalami kesulitan dalam hal membaca permulaan. Hal ini disebabkan karena peran guru yang lebih mendominasi proses pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang kurang menarik, serta kurang tersedianya media pembelajaran yang menarik minat anak. Permasalah penelitian ini adalah “Apakah penerapan media gelembung warna dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak Kelompok B PAUD Tunas Harapan Bangsa Bago Tulungagung?”. Peneliti ini bertujuan mengumpulkan data tentang kemampuan mewarna pada anak Kelompok B PAUD Tunas Harapan Bangsa Bago Tulungagung, kemudian melakukan tindakan berupa penerapan media gelembung warna dalam pembelajaran sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran mengenal warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian Kelompok B PAUD Tunas Harapan Bangsa Bago Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan istrumen berupa RKM, RKH, buku alat penilaian, alat bantu penilaian, buku rangkuman penilaian dan lembar observasi penilaian anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan media gelembung warna dapat meningkatkan kemampuan mewarna anak Kelompok B PAUD Tunas Harapan Bangsa Bago Tulungagung. (2) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan media gelembung warna untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna permulaan (3) melalui siklus tindakan pembelajaran penerapan media gelembung warna terbukti dapat meningkatkan motifasi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan pokok penggunaan media gelembung warna untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak, oleh sebab itu guru sebagai mediator harus mengutamakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, edukatif dan menyenangkan, (2) sebagai upaya untuk memotivasi guru PAUD agar meningkatkan kreatifitas dalam pengadaan media pembelajaran yang menarik, sehingga anak akan lebih mudah menerima materi pembelajaran yang disampaikan guru.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI