MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA STICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK B PAUD HARAPAN JAYA DESA TENGGAREJO KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

RINA YULIHETNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0493

Abstract

ABSTRAK RINA YULIHETNI: Mengembangkan Kemampuan Kognitif Mengenal Angka 1 Sampai 10Pada Anak Kelompok B Paud Harapan Jaya Desa Tenggarejo Kecamatan Tanggungunung Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2011 Kata kunci : mengembangkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 melalui media stick angka. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kognitif dalam mengenal angka 1-10 masih rendah dan siswa kurang berminat dan mudah bosan terhadap pelajaran mengenal angka. Akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan, salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka untuk peserta didik adalah dengan media stick angka. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penerapan media stick angka dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10 di kelompok B PAUD HARAPAN JAYA Desa Tenggarejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) memperoleh data tentang kemampuan kognitif dalam mengenal angka 1-10 sebelum dilakukan tindakan. (2) melakukan tindakan berupa media stick angka sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10. (3) mengumpulkan data tentang kemampuan kognitif anak mengenal angka 1-10 sesudah di lakukan tindakan. (4) mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kognitif anak mengenal angka 1-10 antara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok B PAUD HARAPAN JAYA Desa Tenggarejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan perangkat pembelajaran berupa RKM, RKH, Lembar penelitian unjuk kerja, lembar observasi siswa dan lembar aktifitas guru. Metode yang digunakan adalah unjuk kerja dan observasi. Berdasarkan hasil analisi data yang di peroleh dari hasil unjuk kerja pada anak kelompoK B di PAUD HARAPAN JAYA Desa Tenggarejo Kecamatan Tanggungunung Kabupaten Tulungagung maka dapat diambil kesimpulan bahwa : (1) pada siklus I berhasil mencapai 50%. (2) pada siklus II berhasil mencapai 63,64%. (3) pada siklus III berhasil mencapai 90,91. Berarti tinadakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak mennjukan hasil dengan baik. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi : “ Penerapan media stick angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10 kelompok B PAUD HARAPAN JAYA Desa Tenggarejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI