MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1 – 10 MELALUI PERMAINAN BOLA BOWLING PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AL - IKHLAS KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NURUL ALFIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0491
Abstract
ABSTRAK
NURUL ALFIYAH : Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Angka 1 – 10, Melalui Permainan Bola Bowling Pada Anak Kelompok A Di Tk Al-Ikhlas Karangrejo Tulungagung, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Kemampuan kognitif mengenal angka 1 – 10, Media bola bowling
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal angka 1 – 10 masih kurang dan siswa kurang berminat dan mudah bosan terhadap pelajaran berhitung. Sehingga suasana kelas menjadi pasif dan membosankan, salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik adalah dengan media bola bowling.
Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penerapan media bola bowling dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1 – 10 di kelompok A TK Al- Ikhlas Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2014/ 2015?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) Memperoleh data tentang kemampuan kognitif dalam mengenal angka 1 – 10 sebelum dilakukan tindakan. (2) Melakukan tindakan berupa penerapan media bola bowling sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1 – 10 (3) Mengumpulkan data tentang kemampuan kognitif anak mengenal angka 1 – 10 sesudah dilakukan tindakan. (4) Mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan kognitif anak mengenal angka 1 – 10 antara sebelum dan sesudah dilakukan tindakan.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelompok A TK Al-Ikhlas Karangrejo. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan perangkat pembelajaran berupa RKM, RKH, Lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi siswa dan lembar aktifitas guru. Metode yang digunakan adalah unjuk kerja dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil unjuk kerja pada anak kelompok A di TK Al- Ikhlas Karangrejo maka dapat diambil kesimpulan bahwa : ada peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1-10 dengan menggunakan media bola bowling mulai dari tindakan siklus I sampai siklus III. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi : “Penerapan media bola bowling dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1 – 10 di kelompok A TK Al- Ikhlas Karangrejo Tulungagung” dapat diterima