MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ENGKLEK PADA ANAK KELOMPOK A TK PERMATA BANGSA TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

NINING AFRIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0489

Abstract

ABSTRAK NINING AFRIDA: Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek pada Anak Kelompok A TK Permata Bangsa Tulungagung, Skripsi, PGPAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci :kemampuan motorik kasar, permainan engklek Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan motorik kasar anak masih kurang dan metode mengajar guru di TK Permata Bangsa Tulungagung masih konvensional. Akibatnya suasana belajar mengajar monoton, kemampuan anak kurang tereksplor dengan baik. Hal tersebut tampak dari studi pendahuluan yang dilakukan peneliti untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak masuk kategori sangat kurang.Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah melalui permainan engklek dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok A TK Permata bangsa Kota Tulungagung?”. Penelitian ini brtujuan untuk memperoleh data tntang kemampuan motorik kasar anak, kemudian melakukan tindakan berupa permainan engklek sebagai upaya peningkatan kemampuan motorik kasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A TK Permata Bangsa Tulungagung. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi kegiatan anak, lembar observasi kegiatan guru. Hasil penelitian ini adalah (1) permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak, (2) melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam penerapan permainan engklek untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dalam hal melompat, (3) melalui siklus pembelajaran penerapan permainan engklek terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik ksar anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Melalui siklus tindakan diketahui bahwa kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK Permata Bangsa Tulungagung dari siklus pertama sampai siklus ketiga selalu mengalami peningkatan . Dengan demikian dapat disimpulkan bawa hipotesis “ penerapan permainan ENGKLEK dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A Tk Permata Bangsa Tulungagung pada tahun ajaran 2014/2015”. Berdasarkan simpulan hasil penelitian tersebut, direkomendasikan : (1) Guru diharapkan lebih kreatif dan inovatif dalam mencari metode pembelajaran yang menarik agar segala potensi yang dimiliki anak meningkat, (2) Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar hendaknya sekolah/kepala sekolah selalu menekankan kepada guru untuk terus berprestasi. Dengan melakukan berbagai motivasi pembelajaran kepada anak didik.Sebagai orang tua diharapkan tidak terlalu membatasi ruang gerak anak, tidak terlalu overprotactive agar kemampuan motorik kasar anak muncul tanpa dibatasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI