MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1-10 MELALUI PERMAINAN TANGKAP IKAN DI KELOMPOK A PAUD PELITA HATI DESA KEPUH KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

NINIK SUBEKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0488

Abstract

ABSTRAK NINIK SUBEKTI : Mengembangkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Angka 1-10 Melalui Permainan Tangkap Ikan di Kelompok A PAUD Pelita Hati Desa Kepuh Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : Mengenal Angka 1-10, Permainan Tangkap Ikan Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yaitu kurangnya kemampuan anak dalam hal mengenal angka / lambang bilangan 1-10, dan menyebutkan angka 1-10. Hal ini disebabkan oleh kurang efektifnya guru dalam memberikan materi pelajaran, anak merasa bosan dan media pembelajaran yang kurang menarik. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan terdapat beberapa rumusan masalah “Apakah penerapan permainan tangkap ikan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenalkan angka 1-10 di kelompok A PAUD Pelita Hati Desa Kepuh ?” Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas dan dirancang dalam tiga siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak didik kelompok A di PAUD Pelita Hati Desa Kepuh Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung sebanyak 20 anak yang terdiri dari 12 anak perempuan dan 18 anak laki-laki. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tangkap ikan dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka 1-10. Terbukti dari siklus pertama sampai siklus ketiga selalu mengalami peningkatan. Peningkatan ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan mengenal angka/lambang bilangan 1-10 dan menyebutkan angka 1-10 dengan tepat. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa permainan tangkap ikan dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka dan disarankan agar guru lebih kreatif mencari media pembelajaran dan metode permainan yang lebih baik. Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar hendaknya sekolah/kepala sekolah selalu menekankan kepada guru untuk terus berprestasi. Dengan melakukan berbagai motivasi pembelajaran kepada anak didik. Sebagai orang tua diharapkan tidak terlalu membatasi ruang gerak anak, tidak terlalu overprotactive agar kemampuan kognitif anak muncul tanpa dibatasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI