MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1 - 10 MELALUI MEDIASTICK ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PELANGI DESA KRESIKAN KECAMATAN TANGGUNGGUNUNG KABUPATEN TULUNGAGUNGTAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ENDANG WIGATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0483

Abstract

ABSTRAK ENDANG WIGATI, Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Media Stick Angka Pada Anak Kelompok A Paud Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan mengenal angka, melalui media stick angka. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok A Paud Pelangi mengalami kesulitan dalam hal mengenal angka ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih dominan oleh aktivitas yang klasikal dan didominasi oleh peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar yang rendah. Permasalahan peneliti ini adalah apakah tindakan pembelajaran mengenal angka dengan melalui media stick angka efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A Paud Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A Paud Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar Unjuk KerjaAnak, Lembar Kegiatan Anak. Desain penelitian terdiri dari tiga siklus secara berulang yang meliputi siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus dalam penelitian ini meliputi empat tahap : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menentukan keputusan perbaikan pada siklus berikutnya. Sedangkan aspek-aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah aspek mengenal angka. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, pada kegiatan pembelajaran mengenal angka melalui media stick angka dapat disimpulkan bahwa secara umum anak dapat menunjukkan minat dan pemahaman terhadap materi pembelajaran dan anak dapat berkomunikasi dengan guru tentang hal-hal yang belum dimengerti. Hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian ketuntasan pada siklus I yaitu 20% yang dikategorikan kurang, siklus IImenjadi 46,7% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 80% yang dikategorikan baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan media stick angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A Paud Pelangi Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Ini menunjukkan hipotesis tindakan diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI