MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN TINGGI RENDAH MELALUI MEDIA BALOK PADA ANAK KELOMPOK B PAUD CERDAS CERIA DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

BINTI UMAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0480

Abstract

Abstrak BINTI UMAYAH: Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Tinggi Rendah Melalui Media Balok Pada Anak Kelompok B Paud Cerdas Ceria Desa Sumberagung Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Skripsi PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci: Kemampuan, Mengurutkan tinggi rendah, Media Balok. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran kognitif di PAUD Cerdas Ceria belum optimal. Hal ini terlihat dari sikap anak yang kurang bersemangat ketika diadakan kegiatan pembelajaran pengurutan tinggi rendah benda. Anak-anak cenderung kurang memahami dalam pengurutan tinggi rendah benda melaui media balok. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan media balok dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan tinggi rendah benda pada anak kelompok B PAUD CERDAS CERIA Desa Sumberagung Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?" Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B PAUD CERDAS CERIA Desa Sumberagung. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan RKH, RKM, lembar observasi aktivitas guru, dan hasil karya anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Melalui siklus I, ad anak belum mampu bisa mengurutkan tinggi rendah benda dengan baik dan masih mencapai 59%. (2) Melalui siklus II, anak mengalami peningkatan 80% dalam kemampuan pengurutan tinggi rendah benda. (3) Melalui siklus III, anak melakukan pengurutan tinggi rendah benda sudah memuaskan dengan hasil 94% Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, penerapan pengurutan tinggi rendah benda dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B PAUD Cerdas Ceria. Jadi, antara guru dan anak harus terjalin suatu kerjasama dalam pembelajaran kognitif. Agar tercipta suasana belajar yang baik dan mendapatkan hasil yang optimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI