MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARAMELALUI MEDIA PAPAN FLANEL BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KRISTEN ANUGERAH KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015


Author (Penulis)

ANA TRI ENDAH WURYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0479

Abstract

ABSTRAK ANA TRI ENDAH WURYANI, Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Papan Flanel Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Kristen Anugerah Tulungagung Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014-2015 Kata Kunci :Meningkatkan kemampuan berbicara, papan flanel bergambar Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di Kelompok B mengalami kesulitan dalam hal berbicara, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran yang belum berjalan optimal, kurangnya perhatian orang tua yang dikarenakan oleh kesibukan pekerjaan, guru kurang kreatif dalam menyampaikan materi dan juga jarang sekali menggunakan media yang dapat menarik minat dan perhatian anak. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan media pembelajaran berupa papan flanel bergambar untuk dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia dini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan media papan flanel bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok B di TK Kristen Anugerah Tulungagung Tahun Pelajaran 2014 - 2015 Kota Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana guru sebagai peneliti, yang berkolaborasi dengan teman sejawat. Subyek penelitian anak KelompokB TK Kristen Anugerah Tulungagung, yang terdiri dari 12 anak, yaitu 5 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, buku alat penilaian, alat bantu penilaian, buku rangkuman penilaian, lembar kerja siswa. Berdasarkan hasil observasi sebelum dilakukan penelitian prosentase ketuntasannya 17% , pada siklus I prosentase ketuntasannya 25%, sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasannya 50%, dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan yaitu prosentase ketuntasan belajarnya 85%. Berdasarkan dari hasil siklus III yang melebihi 75%, maka kesimpulan hasil penelitian dan hipotesis tindakan dapat diterima, karena melalui siklus tindakan pembelajaran ditemukan keefektifan media papan flanel bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak Kelompok B TK Kristen Anugerah Tulungagung.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-04

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI