MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI IMPLEMENTASI TARI KUPU-KUPU MENGGUNAKAN METODE GERAK DAN LAGU PADA ANAK KELOMPOK B PAUD TUNAS BANGSA REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG
Author (Penulis)
AGUSTIN PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0478
Abstract
ABSTRAK
AGUSTIN PUSPITASARI: Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Implementasi Tari Kupu-kupu Menggunakan Metode Gerak dan Lagu pada Anak Kelompok B PAUD Tunas Bangsa Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci : Kemampuan fisik motorik, implementasi tari kupu-kupu, gerak dan lagu.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kemampuan fisik motorik anak masih rendah, dikarenakan kurangnya pembelajaran gerak dan lagu, dimana guru hanya memberikan gerakan-gerakan yang monoton dengan hanya menggunakan hitungan.Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya apabila dibiarkan berlarut akan berdampak buruk bagi proses dan hasil belajar siswa selanjutnya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui implementasi tari kupu-kupu menggunakan metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok B di PAUD Tunas Bangsa Rejotangan Kabupaten Tulungagung pada tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok B PAUD Tunas Bangsa Rejotangan Kabupaten Tulungagung dengan jumlah siswa 20 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi guru, lembar penilaian unjuk kerja anak dan alat penilaian perkembangan anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran melalui implementasi Tari Kupu-kupu menggunakan metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar pada anak kelompok B PAUD Tunas Bangsa Desa Rejotangan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.