MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI MEDIA BANGUN BALOK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DERMOJAYAN KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0475
Abstract
Untuk dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak salah satu bentuk kegiatan
pembelajaran yang dilakukan yaitu melalui kegiatan bermain bangun balok.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan obyek
tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 20 siswa. Metode
pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang
dipergunakan adalah melalui rencana pembelajaran dalam RKM dan RKH, serta lembar observasi
aktivitas kemampuan siswa.
Pengalaman selain memberi keasyikan bagi siswa, juga diperlukan secara esensial
sebagai jembatan mengarah kepada titik tolak yang sama dalam melibatkan anak secara mental,
emosional, sosial dan fisik. Sekaligus merupakan usaha melihat lingkup permasalahan yang
sedang dibicarakan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menjawab masalah-masalah tersebut
dengan tindakan yang tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan empat tahap yaitu tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilalui dengan 3 siklus. Penelitian ini dilakukan pada
anak kelompok B TK Dharma Wanita Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar dengan
jumlah sampel 20 anak.
Hasil observasi menunjukkan perkembangan kognitif anak melalui media bangun balok
pada Siklus I menunjukkan 65% dan setelah pelaksanaan siklus II 75% pelaksanaan siklus III naik
menjadi 90%. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak melalui media bangun
balok kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan pada anak kelompok B TK Dharma
Wanita Dermojayan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar.
Kata Kunci. Kognitif. Bermain Balok Kayu.