MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN ORIGAMI PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B RA DARUT TAQWA PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014- 2015
Author (Penulis)
CHUSNUL FARIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0474
Abstract
CHUSNUL FARIDA :Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Didik Kelompok B RA Darut Taqwa Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014- 2015,
Kata kunci : Kemampuan motorik halus, Origami
Penelitian Tindakan ini dilakukan pada anak didik kelompok B di RA Darut Taqwa Ponggok Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam hal mengembangkan motorik halus terutama dalam kegiatan origami anak masih rendah. Akibatnya anak kurang mampu dalam kegiatan pengembangan motorik halus dalam kegiatan origami.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah tindakan guru melalui kegiatan origami dalam kegiatan pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B RA Darut Taqwa Ponggok Kab. Blitar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran?”
Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenambahwawasantentangpeningkatankemampuanmotorikhaluspadaanakmelaluikegiatan origami dikelompok B RA DarutTaqwaPonggokkabupatenBlitar.
Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak didik kelompok B RA Darut Taqwa Ponggok Kabupaten Blitar ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM dan RKH, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru dan hasil belajar anak didik.
Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan kegiatan origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan di terima, sehingga dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran pada bidang pengembangan lain, tentunya dengan suasana belajar menarik dan menyenangkan yang diciptakan oleh guru.