MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SUMBERJO KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
NANIK HANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0473
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa Anak-anak kelompok A mengalami permasalahan dalam mengenali dan memahami konsep angka yang disebabkan oleh kurang menariknya media pembelajaran.
Permasalahan penelitian” Benarkah permainan ular tangga dapat diterapkan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak didik pada kelompok A TK Dharma Wanita Sumberjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian TK Dharma Wanita Sumberjo. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan RKH, lembar observasi aktivitas anak, lembar evaluasi anak.
Tujuan pokok permainan permainan ular tangga ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasanya pembelajaran yang menyenangkan. Guru masih perlu meneliti terus menerus, untuk membuktikan apakah permainan ular tangga dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka.
Kesimpulan hasil peneliti ini adalah: permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak TK Dharma Wanita Sumberjo.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan permainan ular tangga bisa dijadikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran anak kelompok A.