MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA BIJI-BIJIAN JAGUNG PADA ANAK KELOMPOK B PAUD MELATI PKK DESA GAPRANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

EMY FATIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0470

Abstract

Kemampuan berhitung sangat penting bagi kehidupan manusia, dan kemampuan berhitung sangat efektif dipelajari ketika manusia masih berusia anak-anak. Untuk itu pendidikan kemampuan berhitung sangat penting di berikan pada anak usia dini dalam mempersiapkan kehidupan mendatang. Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran di tingkat PAUD Melati PKK Desa Gaprang seringkali kurang menarik bagi anak. Ada beberapa hal yang menyebabkan demikian, diantaranya adalah bahasa tubuh guru yang masih kaku, penyajian yang kurang menarik, dan alat peraga yang sangat minim. Sehingga dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) guru dan anak didik kurang begitu semangat anak cenderung bosan dengan tugas yang diberikan dan akhirnya menyepelekan pelajaran akibatnya proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) terhambat dan kurang maksimal. Karena minimnya alat peraga di PAUD Melati PKK Desa Gaprang kegiatan belajar berhitung hanya menggunakan media papan tulis dan pohon hitung saja. Hal ini sangat mempengaruhi tingkat belajar, semangat dan kemampuan anak dalam pembelajaran berhitung. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunakan media biji-bijian Jagung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini di PAUD Melati PKK Desa Gaprang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sebjek penelitian siswa kelompok B PAUD Melati PKK Desa Gaprang. Peneltian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Prota, RKM, RKH, lembar observasi siswa, lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media biji-bijian jagung dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B PAUD Melati PKK Desa Gaprang. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka direkomendasikan : (1) Bagi guru PAUD Melati PKK Desa Gaprang Agar pembelajaran dengan media biji-bijian jagung lebih efektif, maka sebaiknya guru selalu mengawasi peserta didik sehingga tidak terjadi hilangnya media pembelajaran (biji jagung) dalam pembelajaran. (2) Bagi guru PAUD Melati PKK Desa Gaprang dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak sebaiknya memanfaatkan media berbasis alam sekitar seperti biji-bijian jagung, sehingga dapat mengaktifkan kemampuan kognitif secara keseluruhan. (3) Bagi sekolah PAUDMelati PKK Desa Gaprang untuk meningkatkan kemampuan kognitif saat kegiatan pembelajaran sebaiknya melengkapi fasilitas untuk mendukung penggunaan media berbasis alam sekitar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI