MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PIRING BERANGKA DAN KELERENG PADA ANAK KELOMPOK A TK ALHIDAYAH KARANGSONO II KANIGORO BLITAR


Author (Penulis)

SITI ZAINAB
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0467

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa media Piring berangka dan kelereng dengan menggunakan media ini anak merasa senang dan tidak ada tekanan. Dengan menggunakan media Piring berangka dan kelereng dapat melatih kognitif anak dan menambah kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu: “Apakah penggunaan media Piring berangka dan kelereng mampu meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Alhidayah Karangsono II Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar?” Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitiannya adalah anak didik kelompok A TK Alhidayah Karangsono II Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar yang terdiri dari 15 anak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa lembar unjuk kerja kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media Piring berangka dan kelereng. Analisis data penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A TK Alhidayah Karangsono II Kanigoro Blitar Mengalami peningkatan, yang di tunjukkan pada ketuntasan siklusI sebesar 60%, padasiklus II sebesar 80%. Sedangkan pada siklus III sebesar 93,3% dengan aspek mengenal konsep bilangan pada ketepatan, kecepatan dan pengertian serta pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 Melalui media piring berangka dan kelereng pada anak Kelompok A TK Alhidayah Karangsono II Kanigoro Blitar. Untuk itu disarankan agar guru dapat memilih media yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran mengenal konsep bilangan agar tidak membosankan misalnya dengan menggunakan media piring berangka dan kelereng. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan. Kata kunci: Piring Berangka, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI