MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PIRING BERANGKA DAN KELERENG PADA ANAK KELOMPOK A TK ALHIDAYAH KARANGSONO II KANIGORO BLITAR
Author (Penulis)
SITI ZAINAB
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0467
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa media Piring
berangka dan kelereng dengan menggunakan media ini anak merasa senang dan tidak ada tekanan.
Dengan menggunakan media Piring berangka dan kelereng dapat melatih kognitif anak dan menambah
kemampuan mengenal konsep bilangan anak. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan
permasalahan yang diteliti yaitu: “Apakah penggunaan media Piring berangka dan kelereng mampu
meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 anak kelompok A TK Alhidayah Karangsono
II Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar?”
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek
penelitiannya adalah anak didik kelompok A TK Alhidayah Karangsono II Kecamatan Kanigoro
Kabupaten Blitar yang terdiri dari 15 anak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan
instrument berupa lembar unjuk kerja kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media Piring
berangka dan kelereng.
Analisis data penelitian diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep
bilangan pada anak kelompok A TK Alhidayah Karangsono II Kanigoro Blitar Mengalami peningkatan,
yang di tunjukkan pada ketuntasan siklusI sebesar 60%, padasiklus II sebesar 80%. Sedangkan pada
siklus III sebesar 93,3% dengan aspek mengenal konsep bilangan pada ketepatan, kecepatan dan
pengertian serta pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa
adanya peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 Melalui media piring berangka dan
kelereng pada anak Kelompok A TK Alhidayah Karangsono II Kanigoro Blitar. Untuk itu disarankan
agar guru dapat memilih media yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses
pembelajaran mengenal konsep bilangan agar tidak membosankan misalnya dengan menggunakan media
piring berangka dan kelereng. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat
bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan.
Kata kunci: Piring Berangka, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan