MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR DAN MEWARNA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA DESA PLANDIREJO KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR TAHUN 2014/2015


Author (Penulis)

YAMININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0466

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa Guru masih kesulitan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggambar dan mewarna pada anak kelompok A.Anak belum bisa membedakan macam-macam warna serta kurangnya rasa tanggung jawab terhadap apa yang diperintahkan oleh guru.Media/metode yang digunakan dalam kegiatan menggambar dan mewarna pada anak Kelompok A masih belum memadai. Hal inilah yang menyebabkan kami mengadakan peneltian. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah melalui kegiatan menggambar dan mewarna dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Desa Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun 2014/2015? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok A TK Dharma Wanita Desa Plandirejo Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar Tahun 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH, lembar observasi aktivitas siswa,dokumentasi hasil kegiatan anak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggambar dan mewarna dalam pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan sesuai dari hasil data yang diperoleh dari siklus I mencapai 43,5%, pada siklus II mencapai 78,3%, dan pada siklus III mencapai 95,7%.. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Dalam penggunaan kegiatan menggambar dan mewarna dalam pembelajaran diperlukan guru sebagai motivator, kreatif dalam mendesain kegiatan motorik halus sehingga mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak (2) Perencanaan yang matang akan berdampak pada kesuksesan dalam pembelajaran, membuat anak-anak senang dan meningkatkan sumber daya manusia sebagai tinjauan utama guru. (3) Penyajian media menggambar dan mewarna yang menarik dapat memotivasi siswa dan dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Kata kunci : motorik halus, menggambar, mewarna

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-07

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI