MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA IKAN DI AQUARIUM PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA 5 PURWOREJO DONOMULYO KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MIAWANTI KUSUMARANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0456
Abstract
Kata kunci : metode bermain, media ikan di aquarium, berhitung.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran berhitung anak kelompok A TK Dharma Wanita 5 Purworejo Donomulyo Kabupaten Malang masih rendah karena adanya anggapan bawa berhitung adalah pelajaran yang menyimpang karena di TK memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah melalui media ikan di aquarium ini dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 5 Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 5 Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Penelitian ini dibagi menjadi III siklus. Siklus I dilaksanakan tanggal 21 Januari 2015 dengan prosentase ketuntasan, 4 anak (31%) dinyatakan tuntas dan 9 anak (69%) dinyatakan belum tuntas. Pada siklus ke II dilaksanakan tanggal 28 Januari 2015 dengan prosentase ketuntasan, 7 anak (54%) dinyatakan tuntas sedangkan 6 anak (46%) dinyatakan belum tuntas. Dan siklus ke III dilaksanakan pada tanggal 4 Pebruari 2015 dengan prosentase ketuntasan, 11 anak (85%) dinyatakan tuntas sedangkan 2 anak (15%) dinyatakan belum tuntas.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui media ikan di aquarium dalam pembelajaran di kelas dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A di TK harma Wanita Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang. Sehingga hipotesis tindakan ini diterima.
Berdasarkan temuan dan kesimpulan dalam upaya mengembangkan kemampuan berhitung, maka guru disarankan : guru hendaknya menggunakan media bervariasi sebagai suatu cara untuk memotivasi anak dalam pembelajaran.