MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK A TK AL HIDAYAH JATINOM 1 KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
KATMIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0455
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa media gambar seri ini bukan hanya sekedar media baca, tetapi dengan menggunakan media gambar seri anak merasa senang dan tidak ada tekanan. Dengan menggunakan media gambar seri dapat melatih bercerita anak,dan menambah kemampuan berbahasa anak. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dirumuskan permasalahan yang diteliti yaitu: “apakah penerapan pembelajaran melalui media gambar seri mampu meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok A TK Alhidayah Jatinom 1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar?”
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitiannya adalah anak didik kelompok A TK Al Hidayah Jatinom 1 Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar yang terdiri dari 14 anak. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa lembar unjuk kerja kemampuan bercerita melalui media gambar seri dan lembar observasi guru .
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode bercerita menggunakan media gambar seri, mengalami peningkatan sebesar 42,85% pada siklus I, siklus II 64,29%, dan pada siklus III meningkat lagi sebesar 85,71%. Hal ini menunjukkan media gambar seri dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran bercerita.Untuk itu disarankan agar guru dapat memilih media yang tepat dan kreatif dalam mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran bercerita agar tidak membosankan misalnya dengan menggunakan media gambar seru. Harapan peneliti, semoga dengan pengalaman peneliti ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang terjun di dunia pendidikan.