MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA SANDAL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK ISLAM QURROTA A’YUN NGUNUT TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

TITIS WORO WULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0452

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti, kurangnya kemampuan mengenal angka permulaan yang dimiliki anak nampak dari hal-hal sebagai berikut : (1) anak yang kurang mampu menyebutkan angka secara berurut dari 1 sampai 10; (2) anak yang kurang mampu mengurutkan jumlah angka/benda yang digunakan; (3) anak yang kurang mampu mengetahui jumlah angka yang di hitungnya. Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dikemukakan dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: “Apakah penggunaan media sandal angkadapat meningkatkan kemampuan mengenal angka permulaan pada anak kelompok A TK Islam Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung?” Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal angka permulaan pada anak kelompok A TK Islam Qurrota A’yun Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan media sandal angka. Media ini digunakan dibuat dari yang ramah lingkungan. Selain itu media pembelajaran sandal angka mudah diperoleh, tidak mahal dan efektif, serta dapat digunakan menambah semangat dalam motivasi belajar anak. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RKM, RKH, lembar observasi guru dan observasi anak. Berdasarkan rumusan masalah, rumusan hipotesis dan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : penggunaan media sandal angka dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka permulaan pada anak kelompok A TK Islam Qurrota A’yun Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 68%, kemudian pada siklus II sebesar 82% selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 96%. Dan untuk hasil rata-rata observasi kegiatan anak pada siklus I sebesar 65%, kemudian pada siklus II sebesar 70%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 95%. Jadi hipotesis penelitian ini dapat diterima yaitu penerapan pembelajaran dengan menggunakan media sandal angka, dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka permulaan pada anak kelompok A TK Islam Qurrota A’yun Ngunut Tulungagung. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Angka Permulaan, Media Sandal

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI