MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS TENTANG PERTUMBUHAN TANAMAN KEDELAI MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK B PAUD MEKAR ASIH KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN BLITAR


Author (Penulis)

CITRA WAHYU NURSITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0448

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran sains di PAUD masih menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada aspek teoristis dan mengesampingkan aspek praktis. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar anak didik yang rendah, sehingga sebagian besar anak tidak dapat mencapai hasil maksimal dalam pembelajaran. Permasalahan peneliti ini adalah (1) Apakah metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains dalam mengamati pertumbuhan tanaman pada anak kelompok B PAUD Mekar Asih Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa, terdapat peningkatan kemampuan sains anak dalam mengamati pertumbuhan tanaman mulai dari siklus I, siklus II, dan tindakan siklus III. Dengan adanya peningkatan kemampuan sains dalam mengamati pertumbuhan tanaman melalui metode eksperimen, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dengan baik, serta hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Lembaga pendidikan khususnya PAUD hendaknya menggunakan metode sains, dalam hal ini mengamati pertumbuhan tanaman kedelai melalui metode eksperimen sehingga perkembangan anak akan tercapai lebih maksimal. Diharapkan orangtua memberi dorongan motivasi yang membangun dan mendukung minat dan bakat anak dalam meningkatkan prestasi untuk masa depannya. Diharapkan peneliti dapat menciptakan inovasi dalam kegiatan pembelajaran, sehingga mendapat temuan baru yang lebih kompleks. Kata Kunci Sains, Metode Eksperimen, Pertumbuhan Tanaman.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI