MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1 – 10 MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 02 KECAMATAN SELOREJO KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DENI SEPTIN LESTARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0427

Abstract

Abstrak DENI SEPTIN LESTARI, Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita 02 Selorejo Kecamatan Selorejo Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015,Skripsi,PG PAUD,FKIP UNP Kediri 2015 Kata kunci : konsep bilangan, permainan ular tangga Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru, serta metode pembelajaran kurang inofatif menjadikan anak kurang termotivasi dalam proses pembelajaran, sehingga sebagian anak tidak dapat mencapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah”Apakah melalui permainan ular tangga dapat kemampuan mengenalkan konsep bilangan 1 – 10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 02 Selorejo Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok A TK Dharma Wanita 02 Selorejo Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH, lembar observasi aktivitas siswa,dokumentasi hasil kegiatan anak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah mengenal konsep bilangan 1 - 10 melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan keberanian anak, keaktifan, keberanian mengeluarkan pendapat, meningkatkan partisipasi, kemampuan mengenal konsep bilangan 1 - 10 dan meningkatkan kemampuan menjawab pertanyaan.Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil dengan baik,serta hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Dari hasil analisis data atas pelaksananan pembelajar dapat disimpulkan : (1) Dalam penggunaan permainan ular tangga dalam pembelajaran diperlukan guru sebagai motivator, kreatif dalam mendesain kegiatan sehingga mampu meningkatkan konsep bilangan 1 - 10 anak. (2) Perencanaan yang matang akan berdampak pada kesuksesan dalam pembelajaran, membuat anak-anak senang dan meningkatkan sumber daya manusia sebagai tinjauan utama guru. (3) Penyajian media ular tangga yang menarik dapat memotivasi siswa dan dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.Dengan tercapainya ketuntasan belajar ini menunjukkan bahwa menerapkan media ular tangga mampu meningkatkan daya tarik anak terhadap pembelajaran.Peningkatan ini ditunjang oleh hasil belajar yang menunjukkan angka maksimal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-06

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI