MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN KONTRUKSI DENGAN MEDIA BALOK PADA ANAK KELOMPOK A PAUD MEKAR ASIH KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
TIWIK INDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0403
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam pengenalan bentuk geometri di PAUD MEKAR ASIH masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut membuat motivasi belajar anak didik menjadi rendah.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : apakah kegiatan bermain kontruksi dengan menggunakan media balok dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak didik kelompok A PAUD MEKAR ASIH Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dalam mengenal bentuk geometri?
Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan subyek penetitian anak didik kelompok A PAUD MEKAR ASIH Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan RKM dan RKH, lembar observasi siswa, lembar observasi guru.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dari tindakan siklus I ketuntasan belajar anak didik dalam mengenal bentuk geometri sebanyak 50 %, tindakan pembelajaran siklus II ketuntasan belajar anak didik dalam mengenal bentuk geometri meningkat menjadi 75% dan tindakan belajar siklus III ketuntasan belajar anak didik meningkat mencapai 93 %, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : tujuan dalam kegiatan bermain kontruksi dengan media balok adalah utuk mengembangkan kemampuan kogtnitif dalam mengenal bentuk geometri oleh sebab itu guru sebagai pelaksana kegiatan bermain hendaknya mempersiapkan rencana kegiatan dengan optimal agar kegiatan dapat berjalan lancar.
Kata Kunci
Mengembangkan kemampuan kognitif dengan media balok.