MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA PADA ANAK KELOMPOK B RA PERWANIDA O1 SIDOREJO PONGGOK BLITAR
Author (Penulis)
RAHMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0396
Abstract
ABSTRAK
RAHMAWATI: Meningkatkan Kemampuan Kogintif Dalam Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Permainan Ular Tangga Pada Kelompk B RA Perwanida 01 Sidorejo Ponggok Blitar.
Kata Kunci : Kognitif, Penjumlahan dan Pengurangan, Permainan Ular Tangga.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di kelompk B RA Perwanida 01 Sidorejo Ponggok Blitar, pembelajaran masih bersifat konvensional, guru pasif dan kuranganya sarana prasarana pembelajaran. Akibatnya motivasi siswa untuk belajar sangat rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah permainan ular tangga dalam penerapan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan dan pengurangan pada anak kelompok B RA Perwanida 01 Sidorejo Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2014/2015 dapat meningkat? “. Dengan tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang kemampuan kognitif dalam penjumlahan dan pengurangan, melakukan tindakan berupa permainan ular tangga dalam pembelajaran dan mengetahui ada tidaknya perbedaan antara waktu sebelum dan sesudah tindakan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B RA Perwanida 01 Sidorejo Ponggok Blitar. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), Lembar Unjuk Kerja Anak, Lembar Observasi Aktifitas Guru. Dengan jumlah siswa 15 anak, 8 perempuan 7 laki-laki. Dengan hasil ketuntasan pada tindakan siklus I sebesar 46,67%, tindakan siklus II sebesar 66,67%, dan tindakan siklus III sebesar 86,67%
Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa Permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan dan pengurangan dan permainan ular tangga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan dan pengurangan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa permainan ular tangga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam penjumlahan dan pengurangan.