MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN CANGKANG TELUR PADA ANAK KELOMPOK B TK AL-HIDAYAH SUMBERJO KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
NILNA MUNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0393
Abstract
Penelitian Tindakan ini dilakukan pada anak didik kelompok B di TK Al-Hidayah Sumberjo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan anak dalam hal mengembangkan motorik halus anak masih rendah. Akibatnya anak kurang mampu dalam kreatifitas.
Permasalahan penelitian ini adalah “ Benarkah Kegiatan Melukis Dengan Cangkang Telur dapat diterapkan untuk mengembangkan Kemampuan Motorik Halus anak didik kelompok B TK Al-Hidayah Sumberjo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015 ?”
Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian anak didik kelompok B TK Al-Hidayah Sumberjo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar ini dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RKM dan RKH, lembar observasi aktivitas anak, lembar observasi aktivitas guru dan hasil belajar anak didik.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran melalui kegiatan melukis dengan cangkang telur dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan di terima, sehingga dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran pada bidang pengembangan lain, tentunya dengan suasana belajar menarik dan menyenangkan yang diciptakan oleh guru.
Saran pada penelitian ini adalah jika teman-teman guru TK ingin meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak didik disarankan menggunakan kegiatan melukis dengan cangkang telur karena penelitian ini telah dapat dibuktikan keberhasilannya dan untuk kepala sekolah terutama kepala TK Al-Hidayah Sumberjo supaya menyediakan peralatan yang digunakan untuk melukis lebih lengkap seperti cat air, kuas , palet dll karena melukis dengan cangkang telur dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
Kata kunci : kemampuan motorik halus , ketepatan melukis, kerapian melukis.