MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI PERMAINAN IKAN PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA 05 DESA PURWOREJO KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG


Author (Penulis)

MARFU\'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0390

Abstract

Kata kunci :Kemampuan Berhitung 1-10,Bermain Ikan. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran bercerita anak kelompok A TK Dharma Wanita 05 Purworejo Donomulyo kabupaten Malang masih di dominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas pasif, sehingga Nampak motivasi belajar anak menjadi rendah. Yang pada akhirnya belajarnyapun juga rendah. Hal tersebut nampak hasil kemampuan berhitung anak yang masih rendah. Untuk dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan yaitu melalui permainan ikan. Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 05 Purworejo Kecamatan Donomulyo Kebupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian tindakan model Kemmis dan Taggart (dalam Hopkins 1993). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan dalam penelitian adalah analisis refleksi berdasarkan siklus-siklus. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : melalui siklus tindakan pembelajaran berhitung melalui permainan ikan pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 05 Purworejo Kecamatan Donomulyo Kebupaten Malang terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung. Sehingga, hipotesis tindakan dalam penelitian ini di terima. Berdasarkan temuan penelitian dan kesimpulan dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung, maka dapat di sarankan : guru hendaknya menggunakan berbagai media bervariasi sebagai suatu cara untuk memotivasi anak dalam pembelajaran. Dengan memperhatikan hasil penelitian tindakan kelas ini bahwa meningkatnya perkembangan kognitif anak melalui permainan ikan, maka peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut : 1. Untuk peneliti Kepada peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis hendaknya mempersiapkan penelitian dengan matang sehingga hasil penelitian yang didapatkan lebih baik lagi. 2. Untuk Guru Guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran sehingga anak tidak merasakan kejenuhan saat pembelajaran dengan menggunakan permainan ikan. 3. Bagi kepala sekolah Hendaknya dapat terus memotivasi dan memberikan dukungan yang berkaitan dengan proses pembelajaran bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi anak usia dini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI