MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-20 MELAUI PENGGUNAAN MEDIA BIJI-BIJIAN JAGUNG PADA ANAK KELOMPOK B DI RA PERWANIDA SAMBIGEDE KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
KUSNATUL MUNAWAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0386
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran menghitung 1-20 pada RA Perwanida Sambigede hasilnya sangat rendah, media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik dan bervariasi, metode dan model pembelajaran yang digunakan belum efektif, sehingga anak merasa bosan, takut, dan kurang berminat pada pembelajaran menghitung bilangan 1-20.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media biji-bijian jagung dapat meningkatkan kemampuan menghitung 1-20 pada anak kelompok B RA Perwanida Sambigede Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kelompok B RA Perwanida Sambigede Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, Pedoman untuk Kerja, Lembar proses belajar pembelajaran.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas, bahwa melalui penggunaan “Media Biji-bijian Jagung” dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan 1-20 pada anak kelompok B RA Perwanida Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.
Berdasarkan kesimpulan penelitian diatas, peneliti mengajukan saran kepada : 1). Guru RA, untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti penggunaan media biji-bijian jagung, sebagai media pembelajaran yang kreatif untuk wacana dan informasi serta menaambah pengetahuan tentang pembelajaran menghitung bilangan 1-20.
Kata Kunci : Kemampuan menghitung 1-20, Media biji-bijian jagung.