MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGURUTKAN BILANGAN 1-10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA SLOROK 02 KECAMATAN DOKO KABUPATEN BLITAR
Author (Penulis)
ETIK DIAN PURWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0383
Abstract
ABSTRAK
Etik Dian Purwanti: Meningkatan Kemampuan mengurutkan bilangan 1-10 Melalui Penggunaan “Media Kartu Angka” pada anak Kelompok A TK Dharma Wanita Slorok 02 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Skripsi PG - PAUD UNP Kediri, 2015.
Kata Kunci : Kemampuan mengurutkan bilangan 1-10, Media Kartu Angka
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran mengurutkan bilangan 1-10 pada TK DW Slorok 02, hasilnya masih sangat rendah, media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik dan bervariasi, metode dan model pembelajaran yang digunakan belum efektif, sehingga anak merasa bosan, takut dan kurang berminat pada pembelajaran mengurutkan bilangan 1-10.
Permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan 1-10 pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Slorok 02 Kec. Doko Kab. Blitar?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak Kel. A TK DW Slorok 02. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, Pedoman Unjuk Kerja, Lembar proses belajar pembelajaran.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas, bahwa melalui “ penggunaan media kartu angka” dapat meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan 1-10 pada anak kel. A TK Dharma Wanita Slorok 02 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar.
Berdasarkan kesimpulan penelitian diatas, peneliti mengajukan saran kepada: 1) guru TK, untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti penggunaan media kartu angka , sebagai media pembelajaran yang kreatif untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan 1-10, 2) Bagi Kepala Sekolah TK DW Slorok 02, mengingat efektifnya pembelajaran melalui penggunaan media kartu angka hendaklah Kepala Sekolah berkenan menyediakan media kartu angka untuk kelancaran proses pembelajaran.