MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM KERTAS WARNA PADA ANAK KELOMPOK A DI RA PERWANIDA 1 MALANG


Author (Penulis)

EKA DWI WARNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0382

Abstract

Kata Kunci : Motorik halus, menganyam kertas warna Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran menanyam kertas warna masih belum berjalan dengan baik, akibatnya kegiatan menganyam kertas warna masih rendah, yang pada akhirnya hasil pembelajarannya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah kegiatan pembelajaran menganyam kertas warna dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa ? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok A di RA Pewanida I Malang . Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi, aktfitas siswa, lembar observasi anak, dan hasil tes belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan ditentukan langkah yang efektif untuk penerapan pembelajaran menganyam kertas warna yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini setelah diadakan penelitian ternyata melalui kegiatan menganyam kertas warna dapat meningkatkan kemampuan motorik halus. Adapun saran bagi guru TK yaitu upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menganyam kertas warna guru hendaknya menggunakan media yang bervariasi sebagai suatu cara untuk memotivasi anak dalam pembelajaran agar anak lebih merasa senang. Kata kunci : kemampuan motorik halus , ketepatan melukis, kerapian melukis.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-05

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI