MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN DALAM MENGANCINGKAN BAJU MELALUI KEGIATAN PERLOMBAAN PADA ANAK KELOMPOK A RA NURUL AULIYA


Author (Penulis)

SITI MUAWANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0355

Abstract

ABSTRAK SITI MUAWANAH: Mengembangkan Kemandirian Dalam Mengancingkan Baju Melalui Kegiatan Perlombaan Pada Anak Kelompok A RA Nurul Auliya, PTK Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci: kemandirian, perlombaan Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti bahwa anak kelompok A RA Nurul Auliya memiliki kemampuan kemandirian yang kurang dalam hal mengancingkan baju. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya guru memilih kegiatan pembelajaran yang sesuai, sehingga menjadikan anak kurang aktif secara langsung dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi persoalan tersebut, maka peneliti berupaya untuk melakukan perbaikan pembelajaran guna mengembangkan kemandirian anak dalam mengancingkan baju melalui kegiatan perlombaan. Melalui kegiatan ini diharapkan anak akan termotivasi untuk ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga anak akan dapat mengembangkan kemandiriannya dengan baik. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A RA Nurul Auliya yang berjumlah 17 anak didik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui melalui kegiatan perlombaan dapat mengembangkan kemandirian anak dalam mengancingkan baju pada anak kelompok A RA Nurul Auliya. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Hasil perolehan pada siklus I berdasarkan aspek penilaian anak dapat mengancingkan baju ketuntasan belajar anak 52%, sedangkan pada aspek anak dapat memakai baju dengan rapi adalah 58%. Hasil perolehan dari siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak pada aspek anak dapat mengancingkan baju ketuntasan belajar anak mencapai 69%, sedangkan pada aspek anak dapat memakai baju dengan rapi ketuntasan belajar anak mencapai 72%. Adapun perolehan nilai siklus III menunjukkan bahwa ketuntasan belajar anak pada aspek anak dapat mengancingkan baju meningkat menjadi 87%, dan pada aspek penilaian anak dapat memakai baju dengan rapi meningkat menjadi 87%. Dengan demikian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan anak mulai dari siklus I sampai dengan siklus III, dimana ketuntasan belajar anak telah mencapai 87%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui kegiatan perlombaan dapat mengembangkan kemandirian dalam mengancingkan baju pada anak kelompok A RA Nurul Auliya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2015-12-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI