Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Mangkok Hitung Pada Anak didik Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Desa Pakel Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung
Author (Penulis)
LILIK UTAMI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
11.1.01.11.0348
Abstract
ABSTRAK
LILIK UTAMI: Meningkatkan kemampuan berhitung melalui media mangkok hitung pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Desa Pakel Kecamatan Pakel Kabupaten Tulungagung, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNP Kediri, 2014.
Kata kunci: Berhitung, Mangkok Hitung.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dalam proses pembelajaran masih belum berkembang secara optimal kemampuan anak dalam berhitung dengan menggunakan benda-benda konkrit. Hal tersebut tampak pada kurang tertariknya anak dalam belajar berhitung karena, sering menggunakan metode hafalan angka-angka, jarang menggunakan benda-benda konkrit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK Dharma Wanita Desa Pakel, Kecamatan Pakel, Kabupaten Tulungagung dengan jumlah 16 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKH, lembar observasi dan lembar penilaian.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, tujuan pokok penggunaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan “Mangkok Hitung” dan benda-benda konkrit/nyata sederhana adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak. Oleh karena itu guru harus dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif agar anak dapat menghilangkan kebosanan pada pembelajaran berhitung dengan metode menghafal angka-angka atau lambang bilangan