MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN PERMAINAN WARNA MENGGUNAKAN MEDIA SIKAT GIGI DAN SISIR PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK PONGGOK KECAMATAN MOJO


Author (Penulis)

ARINI KHOIROL UMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0345

Abstract

Penerapan pengembangan kemampuan motorik halus anak di kelompok B bertujuan untuk mengoptimalkan perkembangan anak, dalam hal ini adalah kemampuan motorik halusnya. Pembelajaran motorik halus anak pada umumnya pembelajaran yang mengasyikkan bagi anak, sehingga melalui kegiatan ini seluruh aspek perkembangan dapat berkembang secara optimal. Media Kegiatan Permainan Warna Menggunakan Media Sikat Gigi Dan Sisir ini adalah kegiatan yang digemari oleh anak. Kegiatan ini akan melatih koordinasi motorik tangan dan mata anak. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart yang meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis serta perbaikan pembelajaran diketahui bahwa kemampuan fisik motorik halus anak meningkat, hal ini tampak pada jumlah anak yang mencapai ketuntasan dimana pada siklus I mencapai 35, 3 %, pada siklus II meningkat menjadi 58,8 % yang dikategorikan masih kurang dan akhirnya pada siklus ke III meningkat menjadi 82,4 % yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kegiatan Permainan Warna Menggunakan Media Sikat Gigi Dan Sisir dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK. PKK Ponggok Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI