MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KOTAK POS PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA II MANGGIS KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

YYUNIANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0344

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak usia dini sangatlah penting, namun sekarang masih banyak yang hanya menggunakan gambar sekedarnya saja dalam kegiatan pembelajaran. Akibatnya anak cepat bosan dan jenuh dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu nampak dari kemauan belajar anak yang rendah, dan hasil belajarnya juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah penggunaan media kotak pos dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak TK Dharma Wanita II Manggis Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri ? Metode perbaikan menggunakan beberapa tahapan yaitu tahapan perencanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan 3 siklus, sedangkan subyek atau sasaran penelitiannya adalah anak Taman Kanak-kanak kelompok A sebanyak 15 anak didik. Kesimpulan dari perbaikan ini setelah dianalisis adalah adanya peningkatan baik dari segi proses kegiatan guru maupun perkembangan kemauan mengenal bentuk-bentuk geometri dari siklus I sebesar 53,3%, siklus II sebesar 73,4% dan siklus III sebesar 93,4%, sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, dapat diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI