Mengembangkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan 1-20 Melalui Media Ikan Ajaib Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015


Author (Penulis)

YUNI PUSPITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0336

Abstract

ABSTRAK YUNI PUSPITASARI, Mengembangkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan 1-20 Melalui Media Ikan Ajaib Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, PG PAUD, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci : kemampuan berhitung penjumlahan, melalui media ikan ajaib Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di kelompok B TK Dharma Wanita mengalami kesulitan dalam hal berhitung penjumlahan 1 – 20 ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih dominan oleh aktivitas yang klasikal dan didominasi oleh peran guru, akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar yang rendah. Permasalahan peneliti ini adalah apakah tindakan pembelajaran berhitung penjumlahan dengan melalui media ikan ajaib efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 15 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, Lembar Obsevasi Anak, Lembar Kegiatan Anak. Desain penelitian terdiri dari tiga siklus secara berulang yang meliputi siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus dalam penelitian ini meliputi empat tahap : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil refleksi dijadikan dasar untuk menentukan keputusan perbaikan pada siklus berikutnya. Sedangkan aspek-aspek yang dinilai dalam penelitian ini adalah aspek berhitung penjumlahan. Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, pada kegiatan pembelajaran berhitung penjumlahan melalui media ikan ajaib dapat disimpulkan bahwa secara umum anak dapat menunjukkan minat dan pemahaman terhadap materi pembelajaran dan anak dapat berkomunikasi dengan guru tentang hal-hal yang belum dimengerti. Hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian ketuntasan pada siklus I yaitu 20% yang dikategorikan kurang, siklus II menjadi 46,7% yang dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 80% yang dikategorikan baik. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui penerapan media ikan ajaib dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Kresikan Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung. Ini menunjukkan hipotesis tindakan diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI