Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara di kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan mengucapkan kata melalui permainan gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara di kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015?. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKB, lembar penilaian observasi kemampuan berbicara anak dan lembar observasi guru. Dari hasil pembahasan siklus I, dan siklus II didapatkan hasil sebagai berikut: siklus I sebesar 51,7% dan siklus II sebesar 88,3%. Nilai ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II sudah tuntas dan sesuai dengan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yakni minimal 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan gerak dan lagu mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015..


Author (Penulis)

SITI HINDUN MH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0330

Abstract

ABSTRAK SITI HINDUN MUA’SOMATUL HIDAYAH :MeningkatkanKemampuanBerbicaradalamKegiatanMengucapkan Kata MelaluiPermainanGerakdan LaguKepadaAnakDidikKelompokBermain PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kec. Kalidawir, Kab. TulungagungTahunPelajaran 2014/2015, Skipsi, PG PAUD,FKIP UNP Kediri, 2015. Kata Kunci :kemampuanberbicara, permainan gerak dan lagu Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara di kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan mengucapkan kata melalui permainan gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara di kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015?. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunakan instrument berupa RKM, RKB, lembar penilaian observasi kemampuan berbicara anak dan lembar observasi guru. Dari hasil pembahasan siklus I, dan siklus II didapatkan hasil sebagai berikut: siklus I sebesar 51,7% dan siklus II sebesar 88,3%. Nilai ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada siklus II sudah tuntas dan sesuai dengan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yakni minimal 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui permainan gerak dan lagu mampu meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok PAUD Muslimat, Tawang, Pagersari, Kalidawir, Tulungagung tahun ajaran 2014/2015..

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI