Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Membaca Permulaan Menggunakan Media Bola Kata Pada Anak Didik Kelompok B2 TK Dharma Wanita Bolorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015


Author (Penulis)

LIYA RETNOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

11.1.01.11.0325

Abstract

ABSTRAK Retnowati, Liya. 2015. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Membaca Permulaan Menggunakan Media Bola Kata Pada Anak Didik Kelompok B di TK Dharma Wanita Bolorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014 / 2015. Pembimbing Anik Lestariningrum, M.Pd Kata Kunci : media bola kata, anak TK, bahasa. Penggunaan media merupakan salah satu faktor untuk menunjang terwujudnya suatu pendidikan yang berkualitas dalam membaca permulaan menggunakan media bola kata diharapkan dapat meningkatkan prestasi anak, terutama dalam bidang pengembangan bahasa. Karakteristik pembelajaran di TK memiliki kekhasan. Sesuai karakteristik tersebut maka proses pembelajaran ditekankan pada aktivitas anak dalam membaca permulaan. Berkaitan dengan hal tersebut maka digunakanlah membaca permulaan menggunakan media bola kata agar kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan. Penelitian tindakan kelas di TK Dharma Wanita Bolorejo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung, dengan subyek penelitian 17 anak TK kelompok B2. Data diperoleh dari observasi, tes dan unjuk kerja. Setelah data terkumpul di gunakan analisis data berupa analisis deskriptif dan sistem penskoran. Setelah dilakukan analisis data diketahui peningkatan anak di Siklus I dan Siklus II serta mengetahui peningkatan prosentase hasil penelitian anak didik di dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas B2 di TK Dharma Wanita Bolorejo. Secara umum hasil presentase tersebut sebagai berikut media bola kata pada kegiatan pra tindakan 44,11%, Penilaian Tes Kemampuan Berbahasa siklus I 52,94%, Penilaian Tes Kemampuan Berbahasa siklus II 64,70%, dan Penilaian Tes Kemampuan Berbahasa siklus III 85,29%. Dari hasil analisis data kemampuan anak mengalami peningkatan dari media bola kata pada kegiatan pra tindakan, penilaian tes kemampuan berbahasa siklus 1, penilaian tes kemampuan bahasa siklus 2 dan siklus 3 diatas 75% menujukkan peningkatan kemampuan bahasa anak. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dalam siklus 1, 2 dan 3 yang membedakan adalah jenis media bola kata. Untuk siklus 1 masih ada anak yang belum mau untuk mengambil Bola kata dan belum mengerti perintah guru. Pada siklus 2 anak sudah memahami tugas dari guru, dapat membaca dan menyusun kalimat sederhana. Pada siklus 3 mengalami peningkatan dalam membaca permulaan dengan media bola kata yang di sediakan oleh guru

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-01-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI